Fitrah Manusia

Fitrah manusia adalah Islam berdasarkan hadits nabi Muhammad saw:

كل مولود يولد علي الفطرة وانما ابواه يهودانه او ينصرانه او يمجسانه
Setiap manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah (Islam) maka tergantung kepada kedua orang tuanya mau dijadikan Yahudi, Nasrani atau Majusi.

Bukanlah sebuah kabajikan engkau menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (QS al Baqarah/2:177)

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit Pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.(QS Ibrahim/24-25)

Rukun agama ada tiga Iman, islam dan ihsan. Dalam surat al Baqarah ayat 177 dijelaskan bahwa kebaikan atau agama itu terdiri dari tiga pilarn pertama, iman yaitu beriman kepad Allah, hari kemudian kepada malaikat, kitab-kitab dan nabi-nabi. Kedua, adalah Islam yaitu memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat. Ketiga adalah Ihsan yaitu orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan

Didalam surat Ibrahim perumpamaan kalimat yang baik adalah bagaikan pohon yang baik yang terdiri dari akar adalah imannya, daunnya yang rindang adalah Islam dan buah adalah cermin dari ihsan.
Selain yang dijelaskan di dalam al Qur’an, makna Islam dalam arti sisi luar dari agama dijelaskan dalam hadits nabi Muhammad saw diantara nya

1. Islam itu bersih
اِنَّ الاِسْلاَم نَظيفٌ فَتَنَظَّفُوْا فَاِنَّهُ لاَ يَدْخُلُ الْجنَّةَ الا نَظِيْفٌ
Sesungguhnya Islam itu bersih,maka jagalah kebersihan sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang yang bersih.

تَنَظَّفُوْا بِكُلِّ مَا اِسْتَطَعْتُمْ فَاِنَ اللهَ تَعَالَي بَنَي الاِسْلاَمَ عَلَي النَظَافَةِ وَلَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ
اِلاَ كُلُّ نَظِيْفٍ
Jagalah kebersihan semaksimal mungkin karena Allah Ta’ala membangun Islam atas dasar kebersihan dan tidak akan masuk surga kecuali semua yang bersih.
Menjaga kebersihan fisik adalah tanda Islam dan sebaliknya melalaikannya berakibat tidak akan masuk ke dalam surga. Untuk menjaga kebersihan fisik adalah empat kewajiban yaitu thaharah atau bersuci, berwudhu, mandi dan tayamun.

2. Islam itu damai
اَفْضَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ اِسْلاَمًا مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ
Mukmin yang baik Islamnya adalah saat orang-orang muslim merasa aman dari lisan dan tangannya.
Lisan atau tulisan sebagai alat komunikasi dan tangan sebagai alat berkreasi dan indikasi kekuasaan akan menjadi tanda islamnya seseorang. Apabila lisannya menyejukkan dan mendamaikan orang muslim yang lain, maka dia adalah orang yang baik keislamannya, demikian juga mereka yang mempunyai kekuasaan dapat mendamaikan saudaranya yang muslim adalah tanda baik islamnya.

3. Islam adalah ibadah formal
بُنِيَ الاِسْلاَمُ عَلَي خَمْسٍ شَهَادَةُ اَنْ لاَ اِلَهَ الا اللهُ وَاَن مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَاِقَامِ الصَّلاَةِ وَاِيْتَاءِ الزَكَاةِ وَصََوْمُ رَمَضَانَ وَحِجُّ الْبَيْتِ
Islam dibangun atas lima dasar yaitu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulallah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan berhaji ke baitullah.

Syahadat, shalat, zakat, puasa dan haji adalah ibadah untuk mensucikan sisi dalam manusia. Dengan syahadat akan bersih dari segala perbuatan syirik, melalui shalat akan suci dari ibadah yang salah, dengan zakat aan bersih kekikiran dan kebakhilan, melalui puasa akan suci hati dan dengan haji akan suci diri dari egoisme dan ananiyah.

4. Islam adalah sistem kehidupan
ثَلاَثَةٌ مَنْ قَالَهُنَّ دَخَلَ الْجَنةَ : مَنْ رَضِيَ بِاللهِ رَبًّا وَبِالاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍٍ رَسُوْلاً
Ada tiga hal siapa yang mengatakannya akan masuk surga. Pertama,siapa yang ridha menjadikan Allah sebagai Tuhan-nya, Islam sebagai agama dan aturan hidupnya dan Muhammad sebagai utusan tuhan kepadanya.

Secara etimologi al Din artinya taat dan tunduk. Mereka yang tunduk dan patuh kepada ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw adalah Islam. Dalam arti yang luas Islam adalah agama dan negara, akidah dan syariah.

وَأَنَّ هَـذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلاَ تَتَّبِعُواْ السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَن سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُم بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُون
Inilah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan yang lain, niscaya akan mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Demikianlah Allah mewasiatkan kepadamu agar kamu bertakwa. (QS al An’am/6:153).

Rasulallah saw berpesan: Apabila kalian melihat kemunkaran, maka rubahkan dan perbaikilah dengan kekuasaan yang ada padamu. Apabila kamu belum mampu maka rubahlah dengan lisan dan tulisanmu dan apabila itupun belum sanggup kamu tegakkan, maka rubahlah dengan doa dan harapanmu dan itulah selemah-lemahnya iman.
Islam dalam arti aturan menjadi sistem kontrol sosial yang kuat dan ampuh, karena hukuman sosial lebih berat daripada hukuman Tuhan.

عن انس قال فال رسول الله صلي الله عليه واله وسلم : جاء ني جبريل فقال لي: يا احمد الاسلام عشرة اسهم : اولها شهادة ان لا اله الا الله, وهي الكلمة والثانية الصلاة وهي الطهر والثالثة الزكاة وهي الفطر والرابعة الصوم وهي الجنة و الخامسة الحج وهو الشريعة والسادسة الجهاد وهو العز والسابعة الامر بالمعروف وهوالوفاء ولثامنة النهي عن المنكر وهو الحجة والتاسعة الجماعة وهي الالفة والعاشرة الطاعة وهي العصمة.

Dari Anas berkata: Rasulallah saw bersabda: Jibril datang kepadaku seraya berkata kepadaku: Hai Ahmad Islam itu mempunyai sepuluh pilar (saham) pertama, syahadat ia adalah kalimat, kedua, shalat adalah penyucian, ketiga zakat fitrah, keempat, puasa adalah perisai, kelima, haji adalah jalan menuju Tuhan, keenam, jihad adalah kemuliaan dan keagungan Tuhan, ketujuh amar makruf adalah penunaian janji, kedelapan nahi munkar adalah hujjah argumentasi, kesembilan berjamaah adalah kelembutan dan karunia Tuhan dan kesepuluh taat adalah pemeliharaan diri dari dosa dan maksiat.

Tentang albiharfoundation

Yayasan Islam yang bergerak dalam bidang keilmuan islam
Tulisan ini dipublikasikan di Tazkiah al-Nufs. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s